Peningkatan Keterampilan Mengajar Bahasa Inggris bagi Guru Sekolah Dasar Melalui Pelatihan Educational Learning Games
DOI:
https://doi.org/10.35991/jcm.v7i2.29Keywords:
Bahasa Inggris , educational learning games, guru sekolah dasarAbstract
Menurut Permendikbudristek Nomor 12/2024, Bahasa Inggris akan menjadi mata pelajaran wajib bagi siswa sekolah dasar (SD). Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi guru SD yang merupakan guru kelas dan tidak memiliki latar belakang mengajar Bahasa Inggris. Artikel ini bertujuan untuk memaparkan pelatihan educational learning games untuk guru sekolah dasar demi menunjang proses pembelajaran Bahasa Inggris siswa SD. Metode ceramah, demonstrasi, dan diskusi digunakan selama proses pelatihan. Beberapa games seperti; Simon Says, Memory Match, Charades, Snakes and Ladders, dan Whispering Gams telah dijelaskan dan dipraktekkan langsung oleh peserta. Berdasarkan hasil diskusi dengan peserta, pelatihan ini dinilai sangat bermanfaat, menarik, mudah dipahami, dan juga mudah dipraktekkan. Para guru percaya bahwa mengajar Bahasa Inggris menggunakan educational learning games dapat menjadi cara yang efektif untuk menarik perhatian dan motivasi siswa dalam belajar Bahasa Inggris. Adapun kekurangan dari pelatihan ini adalah modul yang belum tersedia. Dimana modul tersebut sangat dibutuhkan guru untuk memudahkan mengingat tahapan permainan.
Katakunci: Bahasa Inggris, educational learning games, guru sekolah dasar